Selasa, 04 Maret 2014

ukuran senar gitar dan karakter suara yang dihasilkan


Ukuran Senar Gitar Dan Karakter Suara Yang Dihasilkan

Ukuran Senar Gitar Dan Karakter Suara Yang Dihasilkan
Senar merupakan bagian terpenting dari gitar, senar juga merupakan sumber bunyi yang dihasilkan darialat musik gitar, senar untuk gitar elektrik biasanya terbuat dari bahan baja, karena bahan tersebut yang bisa mengirimkan sinyal getaran pada magnet pick up dengan baik.
Ada berbagai macam jenis senar yang bisa kita temui di pasaran untuk gitar elektrik dengan harga dan ukuran yang variatif, acuan untuk penyebutan jenis senar bedasarkan ukuran umumnya terhitung dari senar yang paling bawah / senar E, diklasifikasikan menjadi 3 yaitu senar ukuran 0.08, 0.09 dan 0.10.
Dan dari ketiga jenis ukuran tersebut akan mempengaruhi karakter suara yang dihasilkan, untuk itu kenalilah fungsi masing-masing ukuran senar gitar agar bisa menyesuaikan dengan permainan gitar Anda.
Senar ukuran 0.08
Senar ini tentu memiliki ukuran yang lebih tipis dibandingkan yang lain dan menghasilkan suara yang lebih lembut cocok untuk memainkan musik blues, Jazz, Reggae dll. senar ini memiliki keunggulan getaran suara yang lebih lama dan lebih mudah jika ingin melakukan bending dengan power yang tak terlalu besar. Kelemahan senar ini adalah rentang kendur sehingga menuntut anda untuk lebih banyak menyetem dan mudah putus sehingga sulit mencapai stem-an standart tuner.
Senar ukuran 0.09
Senar ini adalah senar yang paling sering digunakan oleh gitaris amatir maupun profesional karena cocok digunakan oleh semua jenis lagu, panjang getaran suara yang dihasilkan pun lumayan baik dan panjang meskipun tak sepanjang senar berukuran 0.08 tapi faktor kenyamanan yang menjadi poin penting dari senar ini karena tak akan mudah putus.
Senar ukuran 0.10
Senar ini adalah senar yang paling tebal dari senar-senar sebelumnya, cocok digunakan untuk musik yang beraliran keras dengan sound yang berat seperti metal dan musik underground lainnya. Kelebihan dari senar ini adalah memiliki kekuatan yang lebih sehingga jarang putus dan tak mudah kendur. Namun tentu saja senar jenis ini memiliki kekurangan yaitu getaran suara yang dihasilkan tidak panjang atau cenderung lebih pendek sehingga menuntut anda untuk memainkannya dengan power yang lebih besar, gitar Anda juga harus memiliki pick up yang lebih baik dan sensitiv untuk menerima getaran suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar